Rio Dusun Tenam Buka Bimtek Pemutakhiran Data SDGs, Ini Tujuannya

  • Whatsapp
Pendataan SDGs
Dalam rangka pemutakhiran data berbasis SDGs Desa yang merupakan pemutakhiran data IDM yang lebih detil dan lebih mikro, Pemerintah Dusun (desa) Tenam, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), di Gedung Balai Desa, Jumat (11/6/2021). Foto : Istimewa

Ungkap.co.id – Dalam rangka pemutakhiran data berbasis SDGs Desa yang merupakan pemutakhiran data IDM yang lebih detil dan lebih mikro, Pemerintah Dusun (desa) Tenam, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), di Gedung Balai Desa, Jumat (11/6/2021).

Acara pelatihan tersebut berlangsung seharian dan dibuka secara resmi oleh Rio (Kades) Dusun Tenam, Zamsofwan.

Bacaan Lainnya

Selaku pemateri pelatihan, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Mohd Cholis menyampaikan, SDGs Desa adalah turunan dari Peraturan Presiden nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau SDGs nasional.

“Itulah maka perlunya pelatihan Pendataan SDGs,” katanya.

Menurut Mohd Cholis, terdapat 18 arah pembangunan berkelanjutan desa yang menjadi tujuan SDGs desa, diantaranya dapat diwujudkan melalui desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, peduli lingkungan, peduli pendidikan, peduli wisata ramah perempuan, desa berjejaring, desa tanggap budaya dan sebagainya.

“Ini merupakan inti dari arah kebijakan penggunaan dana desa 2021 sampai 2030 ke depan, yang pasti kita ingin ukuran-ukuran yang sangat operasional ini diukur agar kita bisa mengetahui progres pembangunan desa kedepan,” ujarnya.

Baca Juga : Rio Tebing Tinggi Uleh Buka Bimtek Pokja Relawan Pendataan SDGS 2021

Mohd Cholis menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkain pembangunan berkelanjutan di berbagai hal terkait keberlasungan kehidupan di bumi. sebab SDGs ini bukan saja merupakan agenda
nasional saja, tapi juga sudah menjadi program internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Zamsofwan, Rio (kades) Dusun Tenam dalam sambutannya kepada peserta menyampaikan, agar dalam melakukan tugas nantinya diharapkan dapat bekerja maksimal dan tentunya menyesuaikan dengan perkembangan tekhnologi sesuai tuntutan arus perubahan jaman.

“Saya harap seluruh peserta untuk serius dalam mengikuti pelatihan ini, agar nanti dalam pelaksanaan kegiatan pendataan di lapangan bisa paham dan mampu membuahkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan,” imbuhnya. (Dik)

Pos terkait

   
   
      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *