Pria di Kota Jambi Curi 1 Kotak Susu di Indomaret untuk Anaknya, Didamaikan Polisi dengan RJ

Tangkapan layar video Kapolsek Jelutung Iptu Al Imron (paling kanan) saat menjelaskan kronologis kejadian pencurian satu kotak susu di Indomaret oleh pelaku D (34). Kasus ini berakhir dengan dilakukannya Restorative Justice. (Irwansyah)

Ungkap.co.id Kepolisian Resort Kota (Polresta) Jambi melalui Kepolisian Sektor (Polsek) Jelutung mengamankan satu pria yang melakukan aksi pencurian di Indomaret, Senin (23/4/24).


Berdasarkan pengakuan D (34) yang diamankan oleh Polsek Jelutung, tindakan dirinya mencuri satu kotak susu karena untuk kebutuhan nutrisi anaknya.

Bacaan Lainnya

Kronologis Kejadian

Kapolsek Jelutung Iptu Al Imron saat dikonfirmasi mengatakan bahwa awalnya pelaku datang ke toko Indomaret dengan menggunakan sepeda motor Honda Kharisma warna hitam dengan nomor polisi BH 4224 NH.

Baca Juga : Marak Aksi Pencurian Motor di Perumnas Aurduri, Warga Diminta Waspada

“Setibanya di Indomaret, pelaku langsung masuk kedalam toko menuju rak jajanan sambil memantau petugas Indomaret. Setelah itu pelaku menuju ke rak susu,” ungkapnya, Selasa (23/4/24).

Selanjutnya kata Al Imron, pelaku memanfaatkan petugas indomaret yang tengah lengah. Ia pun mengambil satu kotak susu bubuk merk SGM Eksplor 3+ rasa madu yang ukuran 900 gram. Di mana susu tersebut dimasukan kedalam baju pelaku.

Restorative Justice

Melihat kondisi ekonomi yang lemah, kata Al Imron, sehingga pihaknya melakukan Restorative Justice (RJ) yang merupakan suatu model pendekatan baru dalam upaya penyelesaian perkara pidana.

“RJ memusatkan pada partisipasi langsung pelaku, korban dan masyarakat serta menjadi pilihan masyarakat dengan mengedepankan mediasi,” ujarnya.

Baca Juga : Melawan dan Kabur, Pelaku Pencurian di Ruko Ditembak Polisi

Menurutnya, sebagai bentuk kemanusiaan, yang mana mencuri karena keterpaksaan untuk nutrisi anaknya dan tidak memiliki uang untuk membeli susu sehingga melakukan pencurian.


“Kita sudah memanggil pihak Indomaret, keluarga pelaku untuk berdamai dan tidak melanjutkan perkara sehingga kita lakukan RJ,” jelasnya.

Bantuan Susu

Selain itu, kata dia, sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan, Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi turut memberikan bantuan 13 kotak susu SGM untuk keperluan nutrisi anaknya yang masih menyusui. (Irwansyah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *