Ungkap Kasus Ilegal Tapping, Polda Jambi Raih Penghargaan dari SKK Migas

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menerima penghargaan dari SKK Migas KKKS PHE Jambi Merang atas pengungkapan tindak pidana ilegal tapping kondensat di jalur pipa KKKS Pertamina Hulu Energi Jambi Merang (PHE Jambi Merang) yang terjadi di KM pipa 85 SKN-GF Rantau Raya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. (Syah)

Ungkap.co.id Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menerima penghargaan dari SKK Migas KKKS PHE Jambi Merang atas pengungkapan tindak pidana ilegal tapping kondensat di jalur pipa KKKS Pertamina Hulu Energi Jambi Merang (PHE Jambi Merang) yang terjadi di KM pipa 85 SKN-GF Rantau Raya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Edi Mardianto mewakili Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono, serta 14 personil Ditreskrimum Polda Jambi yang dipimpin Dirreskrimum Kombes Pol Andri Ananta Yudistira yang telah mengungkap hingga mengawal vonis pelaku.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya General Manager PT Pertamina Hulu Rokan Zona 1, Hari Widodo yang diwakili oleh Field Manager Pertamina Hulu Energi Jambi Merang, Satriyo Mursabdo menyampaikan bahwa pemberian penghargaan kepada Ditreskrimum Polda Jambi ini merupakan apresiasi terkait penegakan hukum atas kejadian illegal tapping yang terjadi di wilayah kerja baik itu sebagian aset terdapat di wilayah hukum Polda Jambi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira bersama jajaran yang sudah bekerja keras untuk tindak lanjut penegakan hukum atas temuan laporan illegal tapping di wilayah Jambi,” ungkapnya.

Baca Juga : Polda Jambi Tangkap Empat Pelaku Penambangan Minyak Ilegal di Batanghari

Penegakan hukum terhadap para pelaku ilegal tapping ini sudah menjadi tugas dari SKK Migas yang bekerja sama dengan Polda Jambi untuk menjaga aset negara, sehingga dengan proses yang panjang akhirnya kasus illegal tapping ini berhasil diungkap dan para pelaku telah jatuh vonis di pengadilan.

“Untuk kedepannya saya berharap kerja sama ini terus lebih baik untuk saling mempererat antara field pengamanan dan Polda Jambi dalam mengamankan dan menjaga aset negara,” pungkasnya.

Selanjutnya Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan menyampaikan atas nama SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polda Jambi khususnya kepada jajaran Ditreskrimum yang telah berhasil melakukan pengungkapan kasus illegal tapping kondensat di jalur pipa KKKS Pertamina Hulu Energi Jambi Merang (PHE Jambi Merang) yang terjadi di KM pipa 85 SKN-GF Rantau Raya.

“Seperti kita ketahui bersama, pipa tersebut merupakan aset negara dan merupakan sumber pendapatan negara, jika terjadi tindakan tapping maka akan menyebabkan kerugian negara,” ungkapnya.


Baca Juga : Polda Jambi Tangkap 35 Orang Tersangka Penambangan Minyak Ilegal

Dalam kesempatan ini pula, pihak terus mengajak untuk melangkah bersama dalam melakukan pengamanan hingga penindakan hukum terhadap pelaku ilegal tapping.


“Belajar dari kejadian yang terjadi, kita terus meningkatkan sinergisitas dan koordinasi bersama Polda Jambi sehingga kedepannya kejadian serupa tidak terjadi di tempat lain,” pungkasnya.

Sementara itu Wakapolda Jambi Brigjen Pol Edi Mardianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pesan dari Kapolda Jambi kepada jajaran Ditreskrimum yang menerima penghargaan dari SKK Migas KKKS PHE Jambi Merang bahwa pengungkapan ilegal tapping ini memerlukan proses yang panjang.

“Dengan mengungkap kasus ilegal tapping ini artinya satker Ditreskrimum Polda Jambi sudah bekerja luar biasa, dan ini juga sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai anggota Polri dalam mengamankan dan menindak para pelaku ilegal tapping,” ujarnya.

Baca Juga : Polisi Bakar 5 Rakit Tambang Emas Ilegal, Pelaku Entah Dimana

Hubungan kerja sama antara Polda Jambi dan Pertamina ini juga sudah lama terjalin, yang mana kejadian ini mungkin setiap tahun terjadi, namun kali ini merupakan yang terbesar dan berharap tidak terjadi lagi dikemudian hari.

“Sekali lagi atas nama Polda Jambi khususnya Satker Ditreskrimum mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik bersama Pertamina,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Satuan Kerja (Satler) Ditreskrimum Polda Jambi yang diterima langsung oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Edi Mardianto. (Syah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *