Sidak di Ditlantas Polda Jambi, Satgas Saber Pungli Temukan Ini

Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jambi melakukan sidak ke beberapa instansi layanan publik di Kota Jambi, Rabu (27/9/2023). Foto : Syah

Ungkap.co.id Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jambi melakukan sidak ke beberapa instansi layanan publik di Kota Jambi, Rabu (27/9/2023).

Sidak yang dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar selaku Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi bersama Asisten Pengawas (Aswas) Kejati Jambi Helena Ocktavianni, anggota sekretariat, Pokja Penindakan dan Pencegahan.

Bacaan Lainnya

Satgas Saber Pungli dalam sidaknya melakukan pengecekan di beberapa tempat yang pertama adalah di Polresta Jambi. Satu persatu pelayanan publik dilakukan pengecekan, seperti gerai pembuatan SKCK, SIM dan juga tempat pelayanan balik nama surat kendaraan.

Saat ditanya oleh Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi maupun Aswas Kejati Jambi Kebanyakan masyarakat sedang mengurus SKCK untuk melengkapi berkas penerimaan seleksi P3K ataupun CPNS, termasuk seleksi di Kejaksaan.

Baca Juga : Pendataan Masih Berlangsung, Warga Rempang: Kami Pindah Tanpa Paksaan

Usai dari Polresta Jambi, Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi kemudian menuju ke Ditlantas Polda Jambi untuk melihat langsung pelayanan serta mengecek ada tidaknya pungli warga yang mengurus BPKB kendaraan.

Selain itu, tim juga melakukan pengecekan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi dan ke Dinas perhubungan Provinsi Jambi.

Aswas Kejati Jambi Helena Ocktavianni saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan bahwa Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi telah melakukan pengecekan terhadap beberapa pelayanan publik yang berada di kota Jambi termasuk Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi yang berada di Kota Baru.

“Di MPP pelayanannya sudah berjalan dengan baik, tempatnya juga bagus. Namun sayangnya masih belum maksimal karena ada beberapa tempat atau gerai yang kosong, perlu tata manajemen yang baik lagi,” tuturnya.

Dikatakannya, bahwa dari hasil sidak di beberapa instansi tersebut Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi bukan fokus pada mencari temuan atau sebagainya. Namun lebih kepada melihat sudah sampai sejauh mana pelayanan kepada masyarakat.

“Seperti tadi di Mall pelayanan publik pelayanannya sudah bagus, nyaman, hanya saja tata kelola manajemen harus diperbaiki lagi,” ujarnya.

“Termasuk juga di gerai lainnya seperti pelayanan SIM. Tidak ada pungli dan paksaan sebagainya semua cukup memuaskan,” tandasnya.

Baca Juga : Minta Bebaskan Tahanan, Ini Isi Maklumat Khas MTKAM Rohil untuk Warga Rempang


Salah seorang warga bernama yudi yang ditemui saat membuat SIM di Polresta Jambi menuturkan dirinya lancar-lancar saja mulai dari mengurus berkas, ikut tes hingga mendapatkan SIM.

“Disini saya tidak menemui orang yang menawarkan kemudahan dalam pembuatan SIM, jujur aaya murni mendapatkan SIM ini, ” ucapnya .


Hal senada juga disampaikan salah seorang warga yang bernama Zahra yang tengah mengurus bea balik nama kendaraan yang baru dibelinya di Ditlantas Polda Jambi. Ia mengaku prosesnya mudah.

“Proses mengurusnya gampang, untuk biayanya sesuai dengan yang tertera disini dan tidak ada pungutan lain serta prosesnya cepat,” ungkapnya. (Syah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *