Cara Membuat Cireng Sambal Rujak yang Enak

Cara membuat cireng sambal rujak
Cireng sambal rujak. Foto : @ritamusdalifah

Ungkap.co.id Berikut cara membuat cireng sambal rujak. Pertama kita siapkan dulu bahan-bahannya, yakni untuk bahan adonan kental adalah 1 gelas tepung kanji, 2 gelas air putih, 1 sendok makan garam, setengah sendok makan lada bubuk, sedikit penyedap rasa bisa diperlakukan, dan 1 batang bawang daun dengan diiris untuk taburan biang.

Selanjutnya untuk bumbu yang dihaluskan atau diblender, yakni 4 bawang putih, 3 butir kencur dan setengah gelas air.

Seterusnya bahan adonan tepung adalah seperempat sendok makan garam (jika diperlukan) dan 4 gelas tepung kanji (takaran sesuai kebutuhan).

Kemudian untuk bahan sambal rujak, yakni gula merah (sisir), 2 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit, 3 siung bawang putih mentah, setengah sendok makan garam, 2 sendok makan air asam Jawa, dan 1 gelas air matang (hangat). Untuk level pedas sesuai dengan selera kita dan jika sambal ingin kental, air, dan garam bisa dikurangi.


Baca Juga : Cara Membuat Kue Bawang Seledri

Adonan Kental (Biang)

Siapkan panci, campurkan 1 gelas tepung kanji, 2 gelas air putih, garam, lada bubuk, penyedap rasa, dan bumbu yang dihaluskan. Aduk merata, masak dengan api kecil sambil terus menerus diaduk hingga adonan mengental. Matikan api, taburi irisan bawang daun, serta aduk kembali. Lalu sisihkan.

Bentuk Adonan

Siapkan tepung kering atau kanji dalam wadah, masukkan biang sedikit demi sedikit. Aduk menggunakan tangan agar merata (asal aduk dan adonan tidak terlalu kalis) cukup dicubit-cubit saja atau seperti dipijit-pijit menggunakan jari tangan sambil dibentuk bulat-bulat pipih dan tebal. Ulangi sampai semua adonan habis. Usahakan adonan tidak menempel satu sama lainnya.

Sambal Rujak

Baca Juga : Cara Membuat Keciput yang Enak

Campurkan gula merah (sisir terlebih dahulu), air, cabai merah, cabai rawit, bawang putih mentah, garam, air asam Jawa. Kemudian haluskan atau diblender semua bahan dan uangkan dalam wadah.

Penggorengan

Panaskan minyak dalam wajan. Goreng adonan cireng dengan api sedang hingga matang merata. Angkat dan sajikan dengan sambal rujak. Cireng sambal rujak siap dihidangkan dan disantap bersama keluarga.


Sumber : @ritamusdalifah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *