Tekan Inflasi, Pj Bupati Merangin Panen Perdana Bawang Merah

Pj Bupati Merangin, H Mukti dan rombongan melakukan panen perdana bawang merah di lahan seluas dua hektar milik Kelompok Tani Bina Darma, di Kelurahan Pematang Kandis, Bangko, Rabu (28/2/24). (Mizi)

Ungkap.co.id Pj Bupati Merangin, H Mukti dan rombongan melakukan panen perdana bawang merah di lahan seluas dua hektar milik Kelompok Tani Bina Darma, di Kelurahan Pematang Kandis, Bangko, Rabu (28/2/24).

Panen bawang merah kualitas unggul tersebut, mendukung inovasi bebas KRISTAL (kemiskinan ekstrim, inflasi dan stunting tidak ada lagi) yang dicanangkan Pj Bupati Merangin.

Bacaan Lainnya

‘’Bawang merahnya bagus-bagus sekali, pohonnya juga subur-subur jadi diusia dua bulan sudah bisa panen. Penanaman bawang merah ini sangat mendukung pengendalian inflasi daerah,’’ ujar Pj Bupati.

Untuk bibit dan pupuk bawang merah tersebut, jelas H Mukti merupakan bantuan pemerintah. Penanaman bawang merah dengan hasil 14-16 ton perhektarnya tersebut, akan dikembangkan di tempat-tempat lainnya.

Baca Juga : 10 Personel Ditpolairud Polda Jambi Terima Pembekalan Ilmu Reserse dan Intelejen

‘’Ini pasti akan kita kembangkan di tempat lain, sehingga Kabupaten Merangin bisa suplus bawang dan untuk kebutuhan bawang merah kita tidak perlu lagi harus impor dari daerah lain,’’ terang H Mukti.

Tidak hanya bawang merah lanjut Pj bupati, Pemkab Merangin pada Kamis (29/2/24) juga akan menggelar penanaman cabe serentak di Kecamatan Pamenang Selatan. Selain itu juga akan ditanam kacang tanah dan jagung.


Diharapkan Pj bupati melalui gerakan penanaman kebutuhan sehari-hari masyarakat, baik di kebun maupun dengan pemanfaatan perkarangan rumah itu, akan mampu menekan inflasi daerah.

Terpisah, Wayan ketua Kelompok Tani Bina Darma menerangkan kepada Pj Bupati bahwa bantuan bibit yang diterima dari Pemerintah telah ditanam di lima titik. Untuk yang dipanen tersebut merupakan titik pertama, jadi masih ada empat titik lagi.

Baca Juga : Jalan Nasional Lintas Sumatera Jambi-Sumbar Longsor

‘’Kendala penanaman yang kami hadapi masih banyak, karena baru kali pertama ini kami menanam bawang, jadi masih banyak yang harus dipelajari,’’ ujar Wayan dibenarkan para anggota kelompok tani tersebut.

Selain itu, Wayan mengatakan, kalau kelompok taninya masih kekurangan lahan. Kalau ada lahan yang dekat dengan lingkungan Kota Bangko, mereka siap untuk mengolahnya. Kelompok Tani Bina Darma juga kekuranga Alsintan untuk gerakan ini.

Tanpak hadir mendampingi Pj Bupati pada panen bawang merah perdana itu, Kadis Nakbun Hendri Widodo, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Slamet, Kadis Perikanan Irsadi dan kepala OPD lainnya. (Mizi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *