Syamsurizal Berniat Maju Pilkada Riau, Rusli Effendi: Saya Lihat Realita Politik Nanti

Pilgub Riau
H. Rusli Effendi. Foto : Jumilan

Ungkap.co.id – Syamsurizal berniat maju pada Pilkada Riau 2024 mendatang, H. Rusli Effendi juga siap maju tapi melihat dulu realita politik nanti.

Demikian tanggapan mantan Wakil Ketua DPRD Rokan Hilir periode 1999-2004 dari partai Persatuan Pembangunan PPP yang juga anggota DPRD Riau 2004-2014 dari PPP itu saat diminta tanggapannya, Ahad, 22 Mei 2022.

“Saya bangga dengan adanya kader PPP yang siap maju pada Pilkada Riau 2024 ini, apakah sebagai calon gubernur, wakil gubernur, ” jawab pria yang yang dikenal sebagai akademisi dan politisi yang acap menjadi penceramah dan juga dosen Tltetap STAI AR-RIDHA Bagansiapiapi, Rohil sejak tahun 2010 hingga sekarang ini.

H. Rusli Effendi yang pernah berkiprah di kepengurusan DPP PPP dua periode (2011-2020) ini juga menyebutkan sudah sewajarnya kader partai politik maju dalam kontestasi politik. Namun dia mengingatkan untuk tidak melupakan mekanisme partai, realita politik dan kepantasan politik.

Saat ditanya apakah dirinya juga akan maju pada Pilkada Riau 2024 mendatang? Politisi partai berlambang Ka’bah ini dan Ketua Umum Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) 2016-2020, menjawab tegas.

“Prinsipnya sebagai Kader partai siap, apa lagi saya sudah pernah calon Wagub 2018.
Namun realita politik hasil Pemilu 2024 menjadi pertimbangan penting. Kita lihat lah realita politik nanti,” tegasnya.

Baca Juga : Pelaksanaan Pilkada Berjalan Lancar, KPU Bungo Ucap Terima Kasih ke Semua Pihak

Terakhir dikatakan H. Rusli Effendi, yang penting, harapannya kepada Ketua DPW PPP Riau dan DPC se-Riau fokus pada Pemilu 2024.

Sementara itu di tempat terpisah, Kader PPP di wilayah Kabupaten Bengkalis yang tinggal di Duri Mandau, Azhari, ST, menyatakan sikap kalau dirinya mendukung H. Rusli Effendi maju di Pilkada Riau mendatang. Ia menilai sesama kader PPP menurutnya H. Rusli Effendi sudah banyak berkiprah, dan lebih visioner dengan gagasan bukunya Riau Almunwwarah.

“Menurut saya, beliau tokoh masional, punya banyak relasi dan koneksi di Pusat. Beliau sebagai politisi dan akademisi kiprahnya nyata dalam bidang SDM punya kampus di Bagansiapiapi Rohil. Pak H. Rusli Effendi lah yang layak maju dari PPP di Pilgub. Kami di sini sudah sering komunikasi. Pak Rusli Effendi itu tokoh PPP yang bekerja
keras merakyat,” ungkapnya.

Baca Juga : Kekerasan Fisik dan Digital Terhadap Wartawan hingga Pilkada Serentak


Hal senada disampaikan oleh Afrizal, aktivis dan akademisi Rohil ini mengatakan bahwa sepengatahuan dirinya, Rusli Effendi sudah meniti karir cukup panjang di PPP. Oleh sebab itu kalau dirinya melihat itu semua sepatutnya PPP memberikan pertimbangan istimewa kalau Rusli Effendi berniat maju melalui PPP.

“Sepengetahuan saya pak Rusli Effendi, ya merintis karir dan menjadi pengurus PPP mulai dari ketua kecamatan, ketua kabupaten, ketua provinsi hingga menjadi pengurus di DPP PPP dua periode. Pengalaman di legislatifnya, jadi Wakil ketua DPRD Rohil satu periode, anggota DPRD Riau dua periode. Jadi menurut saya, beliau (Rusli Effendi) bukan menumpang pada kapal PPP, tapi sudah menjadi bagian dari PPP itu sendiri,” urainya.


“Dan ditambah dengan pengalaman beliau juga sebagai Sekjen Masjid Negara terbesar di Asia Tenggara, yakni Masjid Istiqlal Jakarta. Dan banyak lagi, semuanya berjalan dengan baik, jadi kalau boleh saya mengusulkan tentunya PPP memberikan pertimbangan istimewa kepada beliau, kalau beliau ingin maju,” kata Afrizal. (Tim/Jumilan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *