Pejabat Utama Polda Jambi Sebut Situasi Pemilu di Batanghari Kondusif

Karo SDM Polda Jambi Kombes Pol Maulana Hamdan bersama Dirlantas Polda Kombes Pol Dhafi yang turut didampingi Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto. (Syah)

Ungkap.co.id Kepolisian Daerah (Polda) Jambi melakukan pengamanan Pemilu 2024 di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Di mana tidak hanya ribuan personel Polda Jambi yang diterjunkan mengamankan pelaksanaan Pemilu hingga selesai, namun pejabat utama Polda Jambi yang terlibat dalam Pamatwil turut dilibatkan ke daerah-daerah memantau langsung situasi selama pelaksanaan pengamanan Pemilu.

Bacaan Lainnya

Dari hasil pantauan di lapangan hingga pukul 12.20 WIB, khususnya di Kabupaten Batanghari, Karo SDM Polda Jambi Kombes Pol Maulana Hamdan bersama Dirlantas Polda Kombes Pol Dhafi yang turut didampingi Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto, hingga saat ini pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar, kondusif.

Saat dikonfirmasi, Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi menyebutkan bahwa untuk wilayah Kabupaten Batanghari setelah dilakukan monitoring dibeberapa TPS yang ada, berjalan dengan lancar selama pelaksanaan Pemilu.

“Secara umum berdasarkan pantauan kami, kondusif hingga pukul 12.30 WIB. Personil masih disiagakan hinggan selesai,” ungkapnya saat memantau di TPS 11 Kabupaten Batanghari, Rabu (14/2/24).

Baca Juga : Gunakan 21 Truk, Logistik Pemilu di Bungo Resmi Dilepas Keenam Kecamatan

Dilanjutkan Dhafi, di wilayah Kabupaten Batanghari sendiri memang ada 112 TPS yang dianggap rawan, maksudnya adalah rawan dari segi bencana alam seperti hujan yang mengguyur sehingga menyebabkan potensi banjir, sehingga TPS-TPS tersebut harus digeser di posisinya.

“Dari 112 TPS, sekitar 62 TPS yang ada di Kabupaten Batanghari kita geser posisinya, yang mana posisi semula banjir, kita pindahkan di tempat yang aman dan nyaman, sehingga masyarakat yang akan memilih tidak harus melewati genangan air,” lanjutnya.

Selanjutnya 50 TPS lagi digeser karena terlalu dekat dengan calon-calon legislatif, seperti Caleg Provinsi, dan kabupaten, sehingga dalam memilih bisa lebih netral dan tidak terpengaruh dengan calon-calon legislatif itu sendiri.

Dhafi juga menyampaikan, memang tadi sempat diguyur hujan, namun pada pukul 11.00 WIB, hujan berhenti dan hingga saat ini berjalan lancar serta kondusif.


Baca Juga : 406 Personel Polres Tanjab Timur Ikut Simulasi Pengamanan Pemilu

Sedangkan untuk surat suara sendiri sudah dilakukan pengamanan, pemantauan telah disalurkan H-2 ke TPS dan ia memastikan H-1 semua surat suara sudah tersalurkan sehingga hari ini tidak ada kendala saat pemilihan memberikan hak pilih di TPS.

“Untuk Personil sendiri yang melakukan pengamanan, kita juga melakukan patroli-patroli, baik dari Polres Batanghari, dibantu Polda Jambi, serta unsur TNI dalam mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu hingga selesai,” sambungnya.


Sementara dari Polda Jambi terus memantau situasi perkembangan selama proses pemungutan suara hingga penghitungan. Bahkan memastikan kotak suara, kertas suara sampai ke tempat yang aman sehingga pelaksanaan Pemilu benar-benar aman dan kondusif, pungkasnya. (Syah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *