Puncak Arus Nataru, Ditpam BP Batam Perketat Keamanan Pelabuhan

Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam memperketat keamanan pelabuhan guna menghadapi lonjakan penumpang pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Foto : Mulyadi

Ungkap.co.id Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam memperketat keamanan pelabuhan guna menghadapi lonjakan penumpang pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Kepala Subdit Pengamanan Aset dan Objek Vital Ditpam BP Batam, AKBP S.A. Kurniawan mengatakan, fokus pengamanan pun dilakukan di tiga pelabuhan berbeda. Ketiganya adalah Pelabuhan Pelni Batu Ampar, Pelabuhan Sekupang, dan Pelabuhan Punggur.

Bacaan Lainnya

“Hari ini adalah puncak arus lalu lintas penumpang. Jadi keamanan penumpang di pelabuhan menjadi prioritas kami,” ujarnya, Jumat (22/12/2023).

Di masing-masing pelabuhan, lanjut Kurniawan, pihaknya melakukan penguatan personel demi menjaga situasi kondusif.

Dengan rincian, Pelabuhan Batu Ampar mendapat tambahan 30 personel. Pelabuhan Sekupang dan Pelabuhan Punggur masing-masing delapan personel.

Baca Juga : Tingkatkan Kebugaran Demi Kontribusi Terbaik Bagi Kota Batam


“Untuk kondisi normal, di Batu Ampar hanya sebanyak 11 personel. Karena hari ini puncak arus mudik Nataru, jadi kami menambah 30 personel. Hal yang sama juga dilakukan di dua pelabuhan domestik lainnya,” tambahnya.

Kurniawan menjelaskan, pengamanan kawasan pelabuhan juga melibatkan pihak Kepolisian, TNI, Bea Cukai dan Karantina Kesehatan.


Dimana, masing-masing personel terlibat penuh dalam mengawasi puncak arus mudik Nataru agar tak terjadi tindakan melanggar hukum.

“Sejauh ini semuanya kondusif. Kami juga mengimbau agar seluruh penumpang untuk tetap berhati-hati selama berpergian,” pungkasnya. (Mulyadi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *