Peringati Hari Jadi ke-24, Bupati Rohil Ajak Seluruh Elemen Bersatu Bangun Daerah

Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong secara langsung memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Rohil ke-24 yang dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Rabu (4/10/2023). Foto : Diana

Ungkap.co.id Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong secara langsung memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Rohil ke-24 yang dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Rabu (4/10/2023).

Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Rohil ke-24 tahun tersebut dihadiri Wakil Bupati H Sulaiman, Ketua DPRD Maston, para Kepala OPD, para unsur-unsur Forkopimda, tokoh pemuda hingga berbagai unsur-unsur lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pendiri Kabupaten Rokan Hilir.

“Diantara dari mereka banyak yang telah mendahului kita, maka marilah kita doakan bersama semoga Allah SWT memberkahi perjuangan mereka, dan memberikan balasan yang setimpal atas perjuangan tersebut,” kata Bupati.

Baca Juga : 432 Prajurit Korem Gapu Naik Pangkat, Berikut Rinciannya

Sebagai bangsa yang bermartabat, serta
masyarakat yang berbudaya lanjutnya, memperingati lahirnya suatu peristiwa haruslah dilihat, dikaji dan dicermati dari berbagai aspek. Karena dalam proses dan perjalanan peristwa itu banyak terkandung pesan dan mempunyai makna dan nilai-nilai moral yang patut dipahami, sekaligus menjadi pelajaran dan pengalaman. Hal ini khususnya bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan Rokan Hilir kedepan.

“Perlu rasanya dingat dan dicermati kembali, bahwa hakikat dari semangat perjuangan dalam pembentukan Kabupaten Rokan Hilir, yang dengan melalui proses panjang dan berliku, serta memerlukan berbagai pengorbanan,” jelasnya.


Ia menerangkan, sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan memisahkan diri dari stuktur Pemkab Bengkalis, namun terbentuknya struktur pemerintahan baru yang saat ini bernama Kabupaten Rohil.

Tentunya itu hendaklah dapat dipastikan, selain memperpendek rentang kendali terciptanya optimalisasi akses pelayanan pemerintah dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat, haruslah menjadi perhatian bersama.

“Sebagai penerus perjuangan bangsa, dan
pembangunan Rokan Hilir, kita hendaknya
menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut, sebagai motivasi dan orientasi kita didalam melaksanakan pembangunan,” paparnya.

Baca Juga : APBD-P Kabupaten Rohil Disahkan Sebesar Rp2,4 Triliun

Sejalan dengan nilai dan semangat tersebut diatas, maka tema yang di usung pada peringatan hari jadi Kabupaten Rokan Hiir ke 24 tahun ini, adalah “Rokan Hilir Harmonis dan Damai”.


Dengan Tema ini kata Bupati, diharapkan dapat menggugah untuk dapat melahirkan semangat baru, dalam menjaga situasi dan kondisi yang kondusif sehingga diharapkan, kedepannya akan tercipta kolaborasi yang harmonis dan damai demi mewujudkan daerah dan masyarakat Kabupaten Rokan
Hiir yang maju, religius, dan berbudaya berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal.

Ditinjau dari kehidupan berbangsa dan bernegara, maka usia 24 tahun bagi suatu daerah belum mempunyai panyak arti, namun jika dilihat dari apa yang telah lakukan selama 24 tahun ini, Kabupaten Rokan Hilir telah nenunjukkan perkembangan yang sangat pesat jika dibandingkan ketika masih menyatu dengan Kabupaten Bengkalis.

Oleh karena itu terang Bupati, setiap memperingati hari jadi Kabupaten Rokan Hilir, hendaknya tidak dipandang dari pelaksanaan seremonial belaka, melainkan untuk dapat menjadikannya sebagai momentum untuk menyatukar visi dan persepsi, sehingga menjadi suatu kekuatan dan penuntun jalan dalam pelaksanaan pembangunan ke arah yang lebih baik lagi.

Bupati juga mengaku sangat bersyukur, di mana perekonomian Kabupaten Rokan Hilir mengalami kecenderungan tumbuh positif, terjadi pertumbuhan dari 1,67 % menjadi 2,64 %. Hal ini selaras dengan terjadinya penurunan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rokan Hilir, yang mana jumlah penduduk miskin tercatat 51,97 ribu jiwa menjadi 49,59 ribu jiwa.

Baca Juga : Pemkab Rohil Gelar Aksi Pemberian Gizi

“Untuk itu, saya ingin memberikan apresiasi kinerja semua pihak yang telah berusaha menurunkan kemiskinan di Rokan Hilir. Semoga hal ini dapat kita teruskan, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik,” sebutnya.

Untuk penanganan stunting di Kabupaten Rokan Hilir, berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, jumlah keseluruhan stunting di Kabupaten Rokan Hilir sebesar 14,7 % yang sebelumnya pada tahun 2021 yakni 29,7 %, suatu angka yang cukup signifikan dalam penurunan stunting yaitu sebesar 15%.

“Hal ini merupakan prestasi dari hasil konvergensi seluruh stakeholder untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan kabupaten zero stunting,” jelasnya.

Bupati menambahkan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan
masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rohil malakukan percepatan pembangunan yang salah satunya melalui pembangunan proyek strategis seperti pembangunan jembatan, peningkatan jalan, bedah rumah tidak layak huni, pembuatan MCK dan pembuatan sumur bor, serta peningkatan rumah ibadah.

Agar realisasinya pembangunan sesuai dengan perencanan dan terhindar dari tindak korupsi sebutnya, pemerintah dibantu pengawasannya oleh Kejaksaan Negeri Kabupatan Rokan Hilir.

Selain itu katanya lagi, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga telah meraih beberapa prestasi dan penghargaan antara lain meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 tahun berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Provinsi Riau.

Baca Juga : Bupati Rohil Serahkan 995 SK PPPK Guru dan Tenaga Teknis Formasi Tahun 2022

Peringkat ketiga pada ajang Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik se-Riau tahun 2022 dari Ombudsmen RI, penghargaan sertifikat Adipura tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan Gemilang Pengelolaan Anggaran (Gelanggang) Awards sebagai pemerintah daerah dengan penyampaian Lembar Konfirmasi Transfer (LKT) tergesit dari Kementerian Keuangan dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara.

Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penghargaan sebagai kabupaten dengan kinerja terbaik I dalam penurunan angka prevalensi stunting dari Provinsi Riau.

Peringkat Pertama Kabupaten Paling Bersih se-Riau tahun 2023 dari Provinsi Riau. Penghargaan Anugerah KPID Award sebagai Nominasi Pemerintah Peduli Penyiaran dari KPID Provinsi Riau dan penghargaan lainnya baik ditingkat nasional maupun daerah.

“Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan sumbangsih dana terhadap pembangunan daerah Kabupaten Rokan Hilir. Selamat hari jadi Kabupaten Rokan Hilir ke-24 tahun,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa berhati-hati dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah percaya dengan berita bohong. Apalagi menjelang tahun politik yang tentunya banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. (Diana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *