Korem 042/Gapu Gelar Apel Gabungan: Stop Arogansi Prajurit TNI

Korem Gapu
Korem 042/Gapu selenggarakan upacara 17-an bulan Januari 2023 (apel gabungan) di lapangan Tenis indoor Makorem 042/Gapu, Jl. Jend Urip Sumohajo, Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Selasa (17/1/2023). Foto : Istimewa

Ungkap.co.id Korem 042/Gapu selenggarakan upacara 17-an bulan Januari 2023 (apel gabungan) di lapangan Tenis indoor Makorem 042/Gapu, Jl. Jend Urip Sumohajo, Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Selasa (17/1/2023).

Apel dipimpin oleh Kasrem Kolonel Inf Ali Aminudin serta diikuti para Kasi Korem 042/Gapu, Kasdim 0415/Jambi, para Dan/Ka Balak Aju dan Balak Korem 042/Gapu, personel dan PNS.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Kasrem 042/Gapu membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Panglima TNI menegaskan bahwa situasi dan kondisi di lingkungan strategis saat ini terus berkembang dengan cepat, dinamis dan penuh dengan ketidak pastian.


Baca Juga : Sedang Nambang Tanah Ilegal, Polisi Amankan 6 Orang, Excavator dan Truk


Hal ini telah memunculkan beragam spektrum ancaman baik ancaman militer, non-militer, maupun ancaman hibrida yang berpotensi mengganggu kedaulatan dan keutuhan NKRI serta keselamatan segenap bangsa Indonesia.

“Tantangan yang dihadapi bangsa saat ini sangatlah beragam dan kompleks. Pandemi Covid- 19 masih menyisakan permasalahan berupa krisis ekonomi dan inflasi ditengah masyarakat. Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan perang antara Rusia dan Ukraina serta ketegangan di kawasan Asia Timur yang turut melemahkan kondisi ekonomi global,” katanya.

Disebagian wilayah NKRI, lanjutnya, gangguan dari kelompok separatis teroris masih terus mengusik keamanan dan ketenangan masyarakat. Terakhir, akan dihadapkan dengan tantangan penyelenggaraan pesta demokrasi berupa pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024.

Baca Juga : Jadi Kurir Sabu Diupah Rp1 Juta, Seorang Pria Ditangkap Polisi

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh prajurit agar menyikapi beragam kondisi dan tantangan yang dihadapi bangsa tersebut. Di mana TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokok yang telah diamanatkan oleh undang-undang.

“Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa. Sesuai visi saya sebagai Panglima TNI, TNI harus mampu menjadi patriot, yakni prajurit TNI profesional, modern dan tangguh. TNI kuat, rakyat bermartabat,” tegasnya.

Baca Juga : Tertangkap Basah Curi 50 Kg Brondol Sawit Perusahaan, Dua Pria Diserahkan ke Polisi

Menutup amanatnya, dia menekankan kepada prajurit TNI agar stop aksi arogansi, harus tegas namun tetap harus humanis dan disegani. Dengan pendekatan humanis maka akan bisa merebut simpati rakyat dan mendapatkan tempat istimewa di hati mereka.

“Selamat bertugas dan jadilah prajurit profesional yang humanis,” ungkapnya. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *