Antisipasi Kerawanan Pangan, Kodim 0415/Jambi Gelar Pembinaan kepada Petani

Kodim Jambi
Babinsa saat melakukan pembinaan lahan di lahan pertanian di RT. 26 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Jum'at (1/4/2022). Foto : Istimewa

Ungkap.co.id – Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat dan mempunyai peran sangat penting dan vital bagi kehidupan suatu bangsa. Kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, menyadarkan umat manusia untuk menyiapkan berbagai upaya dan terobosan menghadapi berbagai macam krisis, terutama krisis pangan.

Gangguan pada ketahanan pangan seperti meroketnya kenaikan harga, kurangnya pasokan dan lambatnya distribusi dapat menyebabkan krisis multidimensi, sehingga memicu pula kerawanan sosial yang membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional.

Bacaan Lainnya

Guna mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang mungkin timbul, Kodim 0415/Jambi berupaya mencari inovasi dibidang pertanian, dengan menggelar pembinaan ketahanan pangan, agar ketahanan pangan dapat tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga : Kabar Gembira, Polda Jambi Buka Penerimaan Bintara Polri, Ini Syaratnya


Kegiatan yang memerlukan potensi dan peran Babinsa ini, digelar di lahan pertanian di RT. 26 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Jum’at (1/4/2022). Berbagai komoditi pangan ditanam di lahan tersebut dengan pola tanam tumpang sari.

Ditemui saat berada dilokasi, Perwira seksi teritorial Kodim 0415/Jambi, Mayor Inf Beni menegaskan jika kegiatan yang dilakukan dalam rangka upaya untuk mendukung ketahanan pangan, sesuai petunjuk dan perintah satuan komando atas untuk menyelenggarakan pembinaan ketahanan pangan.

“Penyelenggaraan program ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam hal pemenuhan hak atas pangan, sekaligus meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, guna kepentingan pertahanan negara pada umumnya,” jelas Beni.

Diharapkan kegiatan serupa dapat diimplementasikan di wilayah lainnya, sehingga ketahanan pangan dapat diwujudkan dan terjaga dengan baik, tutupnya. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *