24,8 Ton Oksigen Bantuan Tanoto Foundation Diserahkan Kapolda ke Pemrov Jambi

Tanoto foundation
Polda Jambi menyerahkan bantuan Tanoto Foundation sebanyak 24,8 ton oksigen cair kepada Pemerintah Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (7/8/2021). Foto : Syah

Ungkap.co.id – Polda Jambi menyerahkan bantuan Tanoto Foundation sebanyak 24,8 ton oksigen cair kepada Pemerintah Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (7/8/2021).

Penyerahan bantuan tersebut, diberikan langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo didampingi Provinsial Koordinator Tanoto Foundation Medi Yusva dan diterima langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris.

Bacaan Lainnya

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan kondisi di Jambi saat ini oksigen dalam keadaan aman. Tetapi, bisa saja tidak mencapai kondisi aman itu kalau tidak ada bantuan dari berbagai pihak seperti Tanoto Foundation.


“Sudah lebih dari 3 minggu ini, kita bekerja ekstra lebih, ekstra capek kita menambah oksigen dari kondisi kekurangan, dan disini kita ada Satgas oksigen. Dipimpin Ada Dirlantas, Dirintel dan Dirkrimsus, beliau yang akan menghitung alokasi oksigen di rumah sakit,” ujarnya.

Kapolda menyampaikan meskipun saat ini kondisi oksigen aman, di Jambi ada terdapat empat warna golongan oksigen. Yang pertama warna hijau, itu artinya ketahanan oksigen dirumah sakit bisa lebih dari lima hari, warna kuning itu ketahanan oksigennya bisa mencapai tiga hari, dan warna orange ketahanan pangannya bisa mencapai lebih dari dua hari, dan warna merah ketahanan oksigennya hanya satu hari.

Baca Juga : Demi Layani Masyarakat, Pemdus Tebing Tinggi Uleh Belikan Mobil Ambulance

“Alhamdulillah saat ini Jambi beberapa hari ini warnanya orange, jadi ada ketahanan oksigen dua hari,” jelasnya.


Saat ini, di Jambi sendiri ada 6 filling stasion, sedangkan likuidnya tidak ada yang berasal dari Jambi, semuanya berasal dari Luar Provinsi Jambi karena tidak ada pabrik likuid di Provinsi Jambi.

“Kita menggantungkan nasib likuid kita dari Dumai, sedangkan Dumai pun sekarang tidak suplai Jambi lagi, suplainya untuk Riau dan Sumatera Barat. Kemudian dari Sumsel ternyata itupun tidak untuk Jambi lagi, untuk Lampung dan Jawa. Sehingga suplai likuid di Jambi ini dari likuid yang ada di Tangerang,” terangnya.

Ia berharap pengiriman likuid hingga ke Jambi dalam keadaan aman lancar karena pengiriman dikawal ketat oleh aparat kepolisian agar tepat waktu sampai Jambi.

“Supaya perjalanan likuid ini lancar sampai Jambi,” tandasnya.

Sementara itu, Provinsial koordinator Tanoto Foundation Jambi, Medi Yusva menyampaikan donasi ini adalah wujud komitmen Tanoto Foundation untuk bekerja sama dan mendukung pemerintah Indonesia khususnya di Provinsi Jambi dan mereka yang terdampak pandemi, terutama dimasa sulit ini.

“Kecepatan untik bisa mendapatkan dan mendatangkan berbagai bantuan sangatlah penting. Selain itu, komunikasi yang terjalin dengan baik dengan Pemerintah memberi kami informasi atas kebutuhan yang menjadi prioritas untuk dipenuhi sehingga dapat kami tindak lanjuti,” ujarnya.

Ia menyebutkan pihaknya telah mendonasikan 500 ton oksigen untik rumah sakit Jawa dan Bali didatangkan langsung dari lokasi mitra perusahaan PT. Riau Andalan Pulp & Paper (April Group) sampai saat ini distribusi masih berlangsung termasuk di Jambi.

Baca Juga : Polda Jambi Sinergi Bersama PT. Lontar Papyrus Pulp Berikan Bantuan Oksigen Gratis

Ia berharap dengan bantuan ini kebutuhan oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 dapat segera terpenuhi dan tentunya juga terus berdoa agar pandemi ini segera berakhir.

“Kamis ucapkan terimakasih kepada pak Gubernur Al Haris dan Pak Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo serta jajarannya. Mitra perusahaan Asian Agri dan semua pihak yang terlibat sehingga bantuan ini bisa sampai dengan selamat hingga di Jambi,” tutupnya.

Gubernur Jambi, Al Haris mengucapkan terimakasih banyak kepada Foundation Tanoto telah memberikan bantuan oksigen cair. Mungkin tanpa bantuan ini sangatlah berat untuk merawat pasien setiap harinya dikarenakan kebutuhan oksigen terus meningkat.

Ia berharap perusahaan lain dapat ikut berpartisipasi membantu mendukung penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi.

“Saya menerima dengan senang hati, karena dengan bantuan ini sangat membantu Pemprov Jambi,” ujarnya.

Ia menambahkan bantuan ini akan didistribusikan untuk seluruh rumah sakit yang membutuhkan di Provinsi Jambi sehingga dapat memenuhi kebutuhan oksigen di tempatnya masing-masing. (Syah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *