Pelaksanaan Sholat Istisqo di Mapolres Tanjabbar Berlangsung Penuh Khidmat

Ungkap.co.id – Dalam rangka menghadapi musim kemarau, gabungan TNI-Polri bersama masyarakat melaksanakan sholat Istisqo (meminta hujan) di halaman Mapolres Tanjung Jabung Barat, Kamis, (15/08/2019) yang dimulai sekira mulai pukul 07.30 WIB.

Di dalam sholat Istisqo ini yang bertindak sebagai Imam dan Khatib adalah Ustadz H. Taufiqurrahman dan Bilal adalah Kaspul Anwar serta diikuti oleh para jamaah diantaranya :

Bacaan Lainnya

1. Kabagsumda Polres Tanjab Barat KOMPOL ACIM DARTASIM;
2. Kasdim 0419 Tanjab MAYOR CHB INDRA WIJAYA;
3. Pasiter Kodim 0419 Tanjab KAPTEN INF. SARTONO;
4. Danramil 03/Tungkal Ilir KAPTEN INF. ROHANDY;
5. Kasatbinmas AKP UJANG SUPRAN, SH;
6. Kasatsabhara IPTU JULIUS SITEPU;
7. Kasattahti IPTU KASMIR;
8. Kapolsek KPM IPTU AGUNG HERU WIBOWO, SH, MH;
9. Kapolsek Betara IPTU S. HAREFA, SE, MM;
10. Para Perwira dan personel Polres Tanjab Barat;
11. Personel Kodim 0419 Tanjab;
12. Perwakilan Satpol PP Tanjan Barat;
13. Perwakilan Dinas Damkar Tanjab Barat;
14. Siswa/i MAN 1 Tanjab Barat.

Setelah pembacaan Dzikir oleh Ust. Taufiqurrahman, penyampaian tata cara pelaksanaan Sholat Istisqo, pelaksanaan Sholat Istisqo dan tibalah saatnya penyampaian Khutbah oleh Khatib.

Berikut penyampaian Khutbah oleh Khatib Ustadz H. Taufiqurrahman :


1. Sholat Istisqo adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu.

2. Hujan adalah karunia Allah SWT yang besar, segala kehidupan berasal dari air bahkan termasuk tubuh yang sehat dan kuat. Hukum Shalat Istisqo adalah Sunnah Muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya dan dianjurkan bagi kaum muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, sebagai bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.

3. Kemaksiatan adalah menjadi salah satu penyebab sehingga Allah SWT memberikan cobaan kepada umat manusia. Salah satu cara meminta ujan adalah Istiqfar dan Bertaubat kembali kepada syariat-syariat allah, meninggalkan kemaksiatan-kemaksiatan sehingga membuka pintu rahmat Allah SWT.

5. Bukan hanya sekedar manusia, bahkan hewan pun ikut berdoa dalam Sholat Istisqo dan membaca tasbih kepada Allah SWT karena kita tidak tau doa mana yang akan dikabulkan untuk menurunkan hujan yang membawa rahmat bukan hujan yang membawa mudharat kepada kita.

Pelaksanaan Sholat Istisqo ini selesai sekira pukul 08:15 WIB berlangsung tertib dan lancar serta penuh khidmat. (Isy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *