Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Disdukcapil Rohil Terus Meningkat

Kadisdukcapil Rohil Andi Rahman saat ditemui, Jumat (8/9/2023). Foto : Diana

Ungkap.co.id Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan dalam pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat.

Peningkatan pelayanan ini sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Rohil Afrizal Sintong dibidang pelayanan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kadisdukcapil Rohil Andi Rahman saat ditemui, Jumat (8/9/2023) menyebutkan, dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya telah melakukan berbagai perbaikan dan inovasi.

Untuk segi kenyamanan bagi masyarakat sebut Andi, pihaknya telah melakukan renovasi sarana dan prasarana diantaranya ruang tunggu yang dulunya sempit kini telah menjadi luas. Penambahan loket pelayanan, penyediaan ruang menyusui, ruang anak, ruang baca, wifi, carger hp dan penyediaan air minum.

Baca Juga : Dukcapil Kemendagri Gandeng BSSN dan INAFIS Polri, Tinjau Data Center BP Batam

“Untuk pelayanan, kita juga menyediakan loket khusus bagi masyarakat disabilitas, Lansia maupun ibu hamil yang tidak perlu antri saat melakukan pengurusan kependudukan,” kata Andi.

Setiap pengurusan kependudukan lanjut Andi, akan diupayakan selesai hari itu juga dengan catatan dokumen persyaratan yang diajukan masyarakat lengkap. Namun jelas Andi, ada layanan yang tidak dapat diselesaikan dalam satu hari seperti pencetakan e-KTP bagi pemula yang baru merekam.

Hal ini, dikarenakan data perekam e-KTP baru harus terlebih dahulu dikrim ke pusat dan menunggu pusat kembali mengirimkan data tersebut.

“Jadi kita berupaya membuat masyarakat nyaman. Loket sudah kita sediakan 12 loket untu pelayanan, 2 loket diantaranya khusus disabilitas dan merupakan prioritas seperti lansia, ibu hamil dan ini mereka tidak perlu menunggu antrean lama dan akan mendapat pelayanan langsung,” paparnya.

Baca Juga : Wowww Disdukcapil Bungo Bakar Puluhan Ribu E-KTP, Ada Apa? 

Dari hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Disdukcapil tambah Andi, saat ini sudah cukup memuaskan dan berada di angka 92,38 persen.

Bahkan tambahnya lagi, Ombudsman RI juga merasa kagum melihat pelayanan serta sarana dan prasarana saat melaksanakan penilaian di Disdukcapil Rohil.

Selain melaksanakan pelayanan di kantor, Disdukcapil juga menggelar layanan jemput bola ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil.

“Dalam layanan jemput bola ini, kita juga akan berupaya memberikan layanan terbaik dan siap hari itu juga. Intinya kita akan berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (Diana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *