Bupati Sanjaya Dorong Alih Teknologi Perikanan di Tabanan

Bupati Tabanan
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, mendukung budidaya ikan dengan sistem bioflok di Kabupaten Tabanan yang ditunjukan melalui simbolis penebaran benih lele dengan sistem bioflok di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) “Mina Darma Bakti” Desa Riang Gede, Kecamatan Penebel Minggu (19/9) pagi. Foto : Agung DP

Ungkap.co.id – Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, mendukung budidaya ikan dengan sistem bioflok di Kabupaten Tabanan yang ditunjukan melalui simbolis penebaran benih lele dengan sistem bioflok di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) “Mina Darma Bakti” Desa Riang Gede, Kecamatan Penebel Minggu (19/9) pagi.


Budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini merupakan bantuan aspirasi melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia di wilayah Provinsi Bali.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Anggota DPR RI asal Marga Drs. I Made Urip, Sekda Tabanan, Asisten bidang Perekonomian & Pembangunan, para kepala OPD terkait, Camat, dan Perbekel.

“Pembangunan perikanan pada hakekatnya adalah pemanfaatan sumber daya ikan secara optimal dan berkelanjutan dengan tetap mempertahankan kelestariannya untuk kesejahteraan masyarakat baik melalui kegiatan budidaya, penangkapan serta pengolahan dan pemasaran hasil perikanan” ujar Bupati Sanjaya.

Selebihnya Ia juga berpendapat, kegiatan perikanan budidaya yang melibatkan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan), selama ini menunjukan adanya peningkatan yang sangat menggembirakan.

Baca Juga : Baru Dibangun, Musholla Silaturahim di Lubuk Kayu Aro Butuh Bantuan Material

Di mana sudah banyak kelompok mandiri yang berusaha di sektor perikanan, salah satunya adalah Pokdakan Mina Darma Bakti Desa Riang Gede, Kecamatan Penebel. Bupati Sanjaya menerangkan, untuk di Kabupaten Tabanan sampai saat ini sudah terdapat 7 Pokdakan yang mengembangkan budidaya ikan dengan sistem bioflok dan diharapkan produksi yang diperoleh sebanyak 35 ton dalam setahun, sehingga meningkatkan produksi ikan.

“Potensi wilayah di Tabanan sangat menjanjikan, terutama alam. Saya sangat apresiasi pada Pak Made Urip atas inovasinya. Perikanan bioflok ini luar biasa, sudah termasuk alih teknologi, jadi dalam cuaca hujan atau apapun bisa tetap dijalankan, tidak hanya lele tapi bisa udang, patin, nila juga bisa,“ terang Sanjaya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sanjaya juga berkesempatan menebarkan benih ikan lele yang diterima sebanyak 12 paket atau 20.000 ekor secara simbolis di Desa Riang Gede. (Agung DP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *