5 Strategi Digital Marketing yang Efektif

Strategi digital marketing yang efektif. Foto : Pexels

Ungkap.co.id Sebutan lainnya, digital marketing, merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi dari produk atau jasa dengan menggunakan media digital.

Adanya penerapan digital marketing ini dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan strategi marketing yang sebelumnya menggunakan media cetak.

Bacaan Lainnya

1. Pilih Jenis Media yang Sesuai

Sebelum melakukan digital marketing, pastikan Kamu sudah menentukan dan mengenali target pasar yang ingin dituju. Ketika Kamu sudah memahami bagaimana karakteristik dari target pasar tersebut, maka Kamu dapat menentukan jenis media apa yang sesuai dengan mereka.

Sebagai contoh, ketika Kamu menargetkan anak-anak muda dalam bisnismu, maka penggunaan sosial media seperti Instagram, TikTok, dan Twitter dinilai lebih cocok dibandingkan dengan penggunaan situs online atau website. Hal ini melihat pada keadaan bahwa hampir semua anak muda pasti bermain sosial media.

2. Aktif Memberikan Informasi atau Konten

Buatlah konten yang informatif, tetapi dikemas dengan cara yang menarik sehingga dapat lebih menarik perhatian banyak orang. Pastikan juga konten yang ditampilkan sesuai dengan bisnismu.


Baca Juga : 7 Manfaat Video Marketing Dalam Bisnis

Ketika Kamu aktif dan konsisten dalam memberikan konten, hal ini akan memberikan pengaruh terhadap tingkat awareness bisnismu. Akan lebih banyak pengguna yang dapat dijangkau sehingga memperbesar peluang bisnismu untuk dikenal lebih banyak orang dari seluruh penjuru negeri.

3. Memperhatikan Perkembangan Tren

Perhatikan tren yang sedang terjadi belakangan, tetapi penting juga untuk mempertimbangkan apakah tren yang ada sesuai dengan bisnis yang dijalankan atau tidak.

Sebagai contoh, belakangan ini sedang ramai penggunaan fitur live streaming untuk mempromosikan produk kepada target pasar. Pastinya ini menjadi peluang baru bagi Kamu untuk memperluas bisnis dan jangkauan target pasar, tapi perhatikan juga jasa atau produk apa yang Kamu tawarkan.

4. Menggunakan Iklan

Baca Juga : Faktor-faktor yang Menyebabkan Bisnis Tidak Berkembang

Saat ini jasa pengiklanan tidak hanya ada di TV atau radio, tetapi sudah ada banyak pilihan lainnya di media digital seperti Google Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, Website Ads, dan lain-lain. Lagi-lagi kelebihan internet adalah kemampuannya dalam menjangkau banyak orang tanpa terbatas pada waktu atau jarak, sehingga strategi marketing yang dilakukan dapat lebih efektif dan maksimal.


5. Search Engine Optimization

Menggunakan teknik ini akan membantu bisnismu untuk muncul di urutan awal saat pengguna internet melakukan pencarian melalui mesin pencari (search engine).

Pastinya Kamu harus memiliki situs online, blog, atau toko online untuk memunculkan bisnismu ini di internet. Ketika situs online bisnismu muncul di urutan awal saat pengguna internet mengetikkan keyword tertentu, maka bisnismu akan lebih diketahui banyak orang dibandingkan dengan posisi ketika situs online-mu berada di urutan yang jauh di bawah. (Apkcreative)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *