Wabup Sarolangun Dampingi Wamen Agraria Kunjungi SAD di Desa Bukit Suban

  • Whatsapp
Wabup Sarolangun
Wakil Bupati H Hilalatil Badri, Rabu (9/6/2021) mendampingi Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra dan Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga untuk mengunjungi orang rimba yang berada di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun. Foto : Andra

Ungkap.co.id – Wakil Bupati H Hilalatil Badri, Rabu (9/6/2021) mendampingi Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra dan Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga untuk mengunjungi orang rimba yang berada di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.

Dengan didampingi Sekda Ir Endang Abdul Naser, Asisten l Arief Ampera, Kadis TPHP Sakwan, Kadis Sosial H Judin, Camat Air Hitam Destra Busman, Skserta Kades Bukit Suban Mujito, Wabup H Hilalatil Badri berjalan bersama menuju lokasi di mana para Suku Anak Dalam (SAD) telah menunggu kedatangannya.

Bacaan Lainnya

Kunjungan Wamen Agraria dan Komisioner Komnas HAM tersebut untuk mendengarkan secara langsung aspirasi dan keluhan dari SAD yang tinggal di Desa Bukit Suban.

Beberapa temenggung SAD mengeluhkan nasib mereka semenjak hutan tempat dia bernaung dan mencari makan, telah berubah menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Segala aspirasi yang disampaikan para temenggung SAD diterima degan baik oleh Wamen Agraria dan Komisioner Komnas HAM.

Saat diwawancara Komisioner Komnas HAM Sandrayati Moniaga mengatakan, ia terus mendengarkan masukan dari para pihak, tapi yang paling penting apa usulan penyelesaiannya.

“Di sini yang kita masih coba tampung, dan kita coba gali terus. Solusi-solusi yang diminta baik masyarakat ataupun SAD, karena yang namanya mediasi itu harus kesepakatan para pihak,” ujarnya.

Baca Juga : Peduli Warga SAD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Anjangsana serta Beri Bantuan Pakaian

Sementara itu Wakil Bupati Sarolangun H Hilalatil Badri menyebutkan, apa yang disampaikan Suku Anak Dalam tadi, tentunya akan lihat sejauh mana tuntutan itu.

Menurutnya, apa memang benar ini dari SAD yang berada di Sarolangun, tentunya akan menindaklanjuti kunjungan bapak Presiden pada saat itu. Nantinya akan mengadakan rapat lagi di kantor Bupati untuk tinda lanjut pertemuan hari ini.

Ia berujar bahwa dari pemerintah telah berupaya untuk menindaklanjuti apa yang menjadi keluh kesah warga SAD, yang mana pemerintah Sarolangun telah bekerjasama dengan TNI membangun kawasan suku anak dalam.

“Kita telah membangun 57 unit rumah, tujuan kita untuk membina warga suku anak dalam yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun ini, dan bahkan kita tempat Puskesmas. Kita buat sarana pendidikan, dan bahkan kita adakan pelatihan bagaimana pola hidup sehat, pelatihan memasak dari ibu-ibu, bagaimana cara bertani, itulah upaya-upaya kami,” kata Wabup. (Andra)

Pos terkait

   
   
      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *