Saiful Mujab dan Sukiman Layangkan Somasi ke Media Online Haluannews.com

Ungkap.co.id – Saiful Mujab dan Sukiman melayangkan surat somasi secara resmi kepada media online Haluannews.com yang beralamat di Jalan Serdang, RT 28, No. 128, Kebun Kopi, Kota Jambi pada (22/12/2019) yang lalu.

Hal tersebut terkait berita yang diterbitkan oleh media online Haluannews.com pada (18/12/2019) lalu, dengan judul “Kades Sungai Butang Tuding Tuntutan Sukiman Cs Terhadap PT AAS Ngawur”.

Saiful Mujab yang merupakan Kepala Desa Sungai Butang, Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun merasa sangat keberatan dan dirugikan atas terbitnya berita tersebut.

Menutut Saiful Mujab saat dikonfirmasi sewaktu lagi berada di Polsek Mandiangin mengatakan bahwa dia hanya kedatangan tamu yang bernama Asmara ke rumahnya dan ngobrol biasa. Namun tiba-tiba esok harinya, terbit berita yang sangat membuat dirinya terkejut.

Berita tersebut yang dinilainya bisa memecah belah antara dirinya dan warga setempat. Kemudian dia sempat mencari sipembuat berita ke Sarolangun untuk menanyakan mengapa ada berita seperti itu dan meminta agar beritanya Dicabut.

“Saya sudah mencari sipembuat berita tersebut ke Sarolangun, tapi tidak ditemukan, akhirnya pada sore Rabu (18/12/2019) sekira pukul 05.30 WIB saya membuat laporan polisi di Polsek Mandiangin,” jelas Saiful Mujab.

Sementara itu, Sukiman selaku ketua umum serta pendiri LSM SP3LH mangatakan, sangat dirugikan atas telah diterbitkannya berita oleh media online Haluannews.com dengan judul “Kades Sungai Butang Tuding Tuntutan Sukiman Cs Terhadap PT AAS Ngawur”. Yang mana menurut Sukiman dari uraian berita itu banyak mengandung unsur yang memfitnah dirinya.

Sukiman menegaskan jika dia tidak pernah memungut biaya sepeserpun dalam membantu masyarakat Mandiangin menuntut hak lahan kebun karetnya yang diduga digusur oleh PT AAS.

Sukiman juga merasa sangat dirugikan dari pemberitaan itu, karena ada bahasa di dalam berita tersebut mengatakan jika, “jika tuntutannya tidak berdasar”.

“Dasar saya menuntut pihak perusahaan adalah sebagai penerima kuasa dari masyarakat yang jumlahnya sebanyak 702,” kata Sukiman saat dikonfirmasi media ini di kediamannya, Jumat (27/12/2019) pagi.

Selanjutnya media ini mencoba konfirmasi kepada pengacara kantor Hukum Katoel Filmarico, SH Jumat (27/12/2019) sore, membenarkan jika pada (20/12/2019) Saiful mujab dan Sukiman telah memberikan kuasanya kepada Kantor Hukum Katoel dengan dua surat kuasa khusus dengan nomor kuasa 097/SKK/KH-KT/Xll/2019 dan surat kuasa nomor 097a/SKK/KH-KT/Xll/2019.

Sedikit kutipan dari bunyi surat kuasa tersebut :

– Untuk mengurus, mendampingi, mewakili dan memberikan bantuan hukum kepada pemberi kuasa sebagai korban pencemaran nama baik dan pidana UU ITE tentang adanya berita hoax yang diterbitkan oleh media online Haluan.news.com, yang mengatasnamakan pemberi kuasa, sehingga berita tersebut mengakibatkan kerugian bagi pemberi kuasa.

– Serta akibat hukum lain yang mungkin timbul karenanya, untuk itu penerima kuasa diberi hak dan wewenang, untuk dan atas nama pemberi kuasa, mendampingi, mewakili dan memberikan bantuan hukum kepada pemberi kuasa, menghadap serta berbicara di dalam setiap tingkatan penyidikan pada kantor kepolisian di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia, pejabat pejabat kepolisian, berbicara di hadapan pejabat pejabat Kejaksaan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia, berbicara di hadapan pejabat pejabat/hakim- hakim , pejabat-pejabat atau instansi pemerintah, Swasta yang ada hubungannya dengan perkara ini.

Somasi juga ditebuskan kepada dewan pers yang beralamat di Jalan Kebon Sirih No 32-34, RT 11, RW 2 Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Terkait Somasi Kades Sungai Butang, Saiful Mujab dan Sukiman Ketua Umum LSM SP3LH melalui pengacara Filmarico, SH yang telah disampaikan kepada pimpinan media Haluannews.com.

Saat dikonfirmasi dan dimintai tanggapannya melalui pesan WhatsApp, kepada Pimpinan media online Haluannews.com pada Sabtu (28/12/2019), belum menjawab pesan WhatsApp dari media ini. Pesan tersebut hanya dibuka dan dibaca saja. (An)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *