Puslitbang Polri Evaluasi Pergelaran Aplikasi di Lingkungan di Polda Kepri

Puslitbang Polri
Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri (Puslitbang Polri) melaksanakan penelitian evaluasi penggelaran aplikasi di lingkungan Polri dalam rangka nenerapkan teknologi informasi era Police 4.0. Foto : Muliadi

Ungkap.co.id – Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri (Puslitbang Polri) melaksanakan penelitian evaluasi penggelaran aplikasi di lingkungan Polri dalam rangka nenerapkan teknologi informasi era Police 4.0.

Kegiatan itu dipimpin oleh Kabag Situspol Rotekinfo Divtik Polri, Kombes Pol Budi Santoso, didampingi Karo Rena Polda Kepri Kombes Pol. Heri Sumarji dan Kabid Humas Kombes Pol. Harry Goldenhardt, Senin (13/9/21).

Bacaan Lainnya

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan seperti tertuang pada peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan menajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Oleh karena itu Puslitbang Polri perlu turun ke wilayah untuk melakukan kajian tersebut,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt.

Baca Juga : KPK Periksa 16 Saksi Dugaan Korupsi Pengesahan APBD Provinsi Jambi


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar yang digunakan dalam pembangunan aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri dan apakah aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri sudah ditempatkan secara terpusat pada infrastruktur TIK pada data center.

Kemudian mengetahui apakah aplikasi kepolisian untuk mendukung layanan eksternal dan internal Polri sudah menyatu dan terintegrasi antar fungsi, mengetahui apakah data dari aplikasi yang tergelar dapat dikumpulkan, diolah, dan disajikan untuk mendukung pengambilan keputusan pimpinan Polri.


“Selanjutnya mengetahui bagaimana tata kelola keamanan data dan informasi dari aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri saat ini,” ungkapnya.

Kegiatan penelitian dihadiri oleh peserta dari beberapa Satker Polda Kepri dan para PJU Polda Kepri. (Muliadi/Rilis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *