Masyarakat Apresiasi Acara Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat Dinas TPH Bun Bungo

Ungkap.co.id – Sosialisasi peremajaan kelapa sawit rakyat dalam kerangka pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BDPKS ) Kabupaten Bungo berjalan lancar , Selasa 30 April 2019.

Kegiatan yang bertempat di ball room hotel Semagi Muara Bungo ini dibuka langsung oleh Bupati Bungo H. Mashuri dan diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari kelompok tani dan KUD.

Kadis TPH Bun Bungo Muhammad Hasbi mengatakan bahwa program peremajaan kelapa sawit ini sudah dimulai sejak tahun 2018.

“Ya, sudah dimulai sejak tahun 2018 yang lalu,” kata Hasbi.

Ia melanjutkan, untuk target peremajaan kelapa sawit ini berjumlah 1500 H.

“Kita menargetkan 1500 H, walaupun menurut potensinya di Bungo ini ada 9000 H kelapa sawit yang harus di replanting. Tapi karena sawit tersebut masih bisa produksinya memungkinkan, maka pemilik kebun sawit jadi enggan untuk di replanting. Padahal umur sawit tersebut sudah wajib untuk di replanting,” lanjut Hasbi.

Selain peremajaan kelapa sawit, pengadaan bibit kelapa sawit bersubsidi dinas TPH Bun Bungo juga mendapatkan bibit sebanyak 45.000 batang.

“Tahun ini kita mendapatkan bibit kelapa sawit bersubsidi sebanyak 45.000 batang, yang meningkat dari tahun sebelumnya,” ujar Hasbi.

“Kelompok tani dan masyarakat juga bisa mengajukan permohonan kepada Dinas TPH Bun Bungo untuk mendapatkan bibit kelapa sawit bersubsidi tersebut,” ujar Hasbi lagi.

Ia juga berharap agar program peremajaan kelapa sawit di Kabupaten Bungo ini berjalan dengan sukses.

“Kami berharap program ini berjalan sukses. Makin banyak pesertanya, karena ini terbuka untuk semua masyarakat Kabupaten Bungo yang mempunyai kebun kelapa sawit yang sudah wajib di replanting,” harapnya.

Redaksi : Andika

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *