Macam-macam Rukun Iman, Berikut Penjelasannya

Ilustrasi sholat. (Ist)

Ungkap.co.id Rukun Iman adalah bagian penting dari keyakinan dan praktik umat Islam. Ada enam rukun iman yang diakui oleh mayoritas mazhab dalam Islam, yakni sebagai berikut:

1. Percaya kepada Allah SWT

Allah SWT tidak memiliki pasangan, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Seluruh alam semesta ini diciptakan oleh-Nya dengan sempurna dan Allah senantiasa mengawasi segala peristiwa yang terjadi di dunia.

2. Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah

Malaikat-malaikat Allah adalah makhluk-makhluk ciptaan Allah yang memiliki tugas yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah Jibril, Malaikat pencabut nyawa, Malaikat Munkar dan Nakir, serta Malaikat Ridwan.

3. Percaya kepada Kitab-Kitab Suci Allah

Baca Juga : Macam-macam Rukun Islam, Berikut Penjelasannya

Kitab suci umat Islam adalah Al-Qur’an. Semua tentang pedoman hidup ada di dalam Al-Qur’an.

4. Iman kepada Nabi dan Rasul


Rukun iman keempat adalah percaya kepada nabi dan rasul Allah. Nabi dan rasul Allah merupakan utusan Allah yang diutus untuk menyampaikan risalah-Nya kepada manusia. Itu seperti Nabi Muhammad SAW.

5. Percaya kepada Hari Kiamat

Baca Juga : Tingkatkan Kebugaran Demi Kontribusi Terbaik Bagi Kota Batam

Rukun iman kelima adalah iman kepada hari akhir dan kebangkitan kembali manusia. Setiap manusia akan hidup sementara waktu di dunia, namun pada akhirnya akan dikembalikan kepada Allah SWT. Di hari akhir, manusia akan mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya di hadapan Allah SWT.


6. Percaya kepada Qadar Baik dan Qadar Buruk

Rukun iman keenam adalah iman kepada qadar atau takdir Allah. Semua manusia telah ditentukan nasibnya oleh Allah SWT, mulai dari lahir hingga meninggal dunia. Namun, manusia tetap memiliki pilihan bebas untuk memilih jalan hidupnya.

Dengan memahami dan meyakini keenam rukun iman tersebut, umat Muslim dapat memperkuat imannya dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Allah SWT. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *