Didampingi Kapolres Tanjabbar, Dirbinmas Polda Jambi Cek Poskamling Kampung Tangguh Covid-19

  • Whatsapp
Dirbinmas Polda Jambi Kombespol Drs. Abdul Gani didampingi Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, S.IK, Kamis (24/9/2020), melakukan pengecekan Pos Kamling dalam rangka mewujudkan kampung tangguh. Foto : Isy

Ungkap.co.id – Bertempat di Pos Kamling Perumahan BTN Permata Hijau Blok AB RT. 13 Parit 2 Kelurahan Patunas Kecamatan Tungkal Ilir dilaksanakan pengecekan Poskamling dalam rangka mewujudkan Kampung Tangguh Covid-19 oleh Dirbinmas Polda Jambi Kombespol Drs. Abdul Gani didampingi Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, S.IK, Kamis (24/9/2020).

Kunjungan Dirbinmas Polda Jambi Kombespol Abd Gani disambut baik Ketua Poskamling RT. 13 Kelurahan Patunas, Bahtiar, yang mana disampaikannya bahwa apresiasi dari warga terhadap kehadiran rombongan Dirbinmas Polda Jambi yang telah berkenan berkunjung dan meninjau dalam rangka menjaga Sitkamtibmas tetap Kondusif.

Baca Juga : Dir Binmas Polda Jambi Cek Pos Kamling Kampung Tangguh di Muaro Jambi

Sementara itu Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro menyampaikan, pada tahun 2018-2019 lalu, Poskamling RT. 13 berhasil menjadi juara 1 tingkat kabupaten dalam ajang lomba HUT Bhayangkara.

“Maka dari itu, perlu diapresiasi untuk keberadaan Poskamling dalam menjaga Sitkamtibmas, manfaatkan yang ada, kebersamaan dan kekeluargaan agar dapat menjaga situasi tetap aman,” katanya.

Ditambahkan Guntur, banyak sekali manfaat diadakannya Pos Kamling, yakni salah satunya membantu Polri dalam menjaga Sitkamtibmas.

Baca Juga : Kabaharkam Polri Resmikan Kampung Tangguh Nusantara Polda Riau

   
   
      

Namun terkait Covid-19 perlu dipahamai masa darurat kesehatan di Kab. Tanjab barat dengan ditandai zona orange artinya peningkatan kasus Covid-19 semakin meningkat.

“Untuk itu diharapkan selalu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, semoga dengan selalu menjaga kesehatan, menjaga imunitas tubuh dengan baik dapat terhindar dari Covid-19,” tutupnya.

Dalam sambutannya, Dirbinmas Polda Jambi Kombespol Abd Gani menyampaikan, kegiatan ini merupakan program Binmas untuk mensikapi situasi dan kondisi yang saat ini terutama pada situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga : Pulau Pandan Kota Jambi Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba

Terkait hal tersebut banyak dampak akibat situasi yang terjadi seperti tingkat kejahatan yang tinggi, perekonomian terguncang.

Maka dari itu timbul gagasan, Polri bersama masyarakat untuk menghadapi situasi seperti itu dibuat kampung tangguh yang tujuannya dapat menghadapi Covid-19.

Hal ini dengan cara mengedukasi masyarakat untuk bercocok tanam sendiri, memanfaatkan lahan di sekitarnya untuk kekuatan pangan/ketahanan pangan dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Dimulai dari memakai masker hingga menjaga jarak maka sehubungan dengan hal tersebut diharapkan masyarakat dapat bisa menerapkannya di lingkungannya masing-masing,” sebutnya.

Poskamling merupakan basic kekuatan untuk mencegah dan menangkal tindak kejahatan. Seiring berjalannya waktu terbentuklah Forum Kemitraan Polri dengan masyarakat yang juga sering disebut sebagai Pam Swakarsa.

Salah satu fungsi tugas BKTM yakni menyelesaikan masalah dengan problem soulving yang tujuannya Polri hadir di tengah masyarakat dalam penyelesaian masalah dengan mengutamakan mediasi.

   
   
      

“Saya berharap, kita selalu bersinergitas, selalu kompak, dan tetap berkerjasama dengan Polri dalam menyelesaikan masalah dan menjaga kondusifitas situasi yang aman dan wajib mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol jesehatan agar terhindar dari Covid-19,” tutupnya. (Isy)

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *