Dandim Sarko Hadiri Peresmian Taman Edukasi Benuang

  • Whatsapp

Ungkap.co.id, MERANGIN -Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han. hadiri peresmian Taman Edukasi Benuang di Desa Tanjung Benuang Kecamatan Pamenang Selatan Kabupaten Merangin Jambi, Jumat (7/8/2020).

Taman Edukasi Benuang diresmikan langsung oleh Bupati Merangin Al Haris dihadiri Dandim Sarko, Kapolres Merangin, para Camat, Wadanramil 420-09/Bangko, Kapolsek Pamenang, para Kades Se Kecamatan Pamenang Selatan, Tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Destinasi wisata baru ini merupakan sebuah karya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tanjung Benuang, yang dibangun dengan dana desa dan dikelola oleh desa, “jelas Bupati dalam sambutannya.

‘’Saya bangga setiap melihat pembangunan desa yang pro-aktif, mempunyai kemauan berinvasi dalam membangun desanya. Taman ini bagus, disamping ada nilai wisatanya juga ada adukasi bagi anak-anak sekolah,’’ ujar Bupati.

Lanjut Bupati, anak anak bisa edukasi cara menanam padi, memelihara ikan dan olahraga renang. Untuk memajukan sebuah taman terang bupati, memang harus diciptakan sesuatu yang menarik.

Tentunya apa yang diciptakan itu tidak ada di taman-taman lainnya, sehingga bisa menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke taman tersebut. Apalagi jalan dan infrastruktur desanya juga bagus.

‘’Di taman ini juga bisa dibuat kolam pemancingan yang mantap, lengkap dengan restoran siap sajinya dan aneka permainan autbound yang mampu mendidik anak-anak jadi mandiri,’’ saran Bupati.

   
   
      

Selain itu bupati menganjurkan, di taman itu dibuat Galery yang menjual berbagai kerajinan khas masyarakat setempat, sehingga pengunjung yang balik berwisata dari taman tersebut, bisa membawa oleh-oleh.

‘’Arah kebijakan pembangunan nasional kedepannya adalah pemuluhan ekonomi pasca Covid-19. Pembukaan taman ini salah satu jawabannya, karena penggunaan dana desa prioritas untuk pemulihan ekonomi masyarakat,’’ terang Bupati.

Diakui bupati jika dikelola dengan baik, BUMDes akan sangat menjanjikan. Sebaiknya kedepan BUMDes dibawah naungan BUMD dan ada kerjasama lintas sektoral antara BUMDes, Bank Jambi dan BUMD.

   
   
      

Diharapkan bupati, BUMDes desa-desa lain juga harus bisa menciptakan sesuatu yang bisa menjadi sumber pendapatan desa, sehingga bisa mempunyai nilai plus untuk meningkatakan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Bupati berpesan kepada pengelola taman, harus konsisten, ada kontinuitas dalam pengembangan wisata edukasi, sering membuat event-event agar pengunjungnya selalu ramai.

Dikesempatan yang sama Dandin 0420/Sarko Letkol Tomi Radya Diansyah Lubis,S.A.P.,M.Han mengatakan Taman Edukasi Benuang merupakan kebanggaan daerah dan bisa berdampak pada ekonomi dan hiburan.”Wisata saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, karena wisata bermanfaat sebagai sarana hiburan dan ajang berkumpul bersama keluarga,”ujar Dandim.

Menurut dia, tidak semua tempat didaerah memiliki tempat
wisata seperti ini, karenanya harus dijaga dan dilestarikan. Selain itu, kata Letkol Tomi, tempat wisata ini bisa menambah perekonomian keluaraga masyarakat sekitar, yaitu dengan cara berdagang dilingkungan wisata ini.”Masyarakat akan terbantu perekonomiannya dengan berdagang disini.”terangnya.

Sementara itu Kepada Desa (Kades) Tanjung Benuang Sadarisman mengatakan, BUMDes Tanjung Benuang berdiri sejak 2011 lalu, bergerak di bidang jasa simpan pinjam, pasar, perdagangan, wisata dan menangani kelompok pertanian dan perikanan.

‘’Taman Edukasi Benuang ini mulai dibangun pada 2019, menggunakan dana desa dengan anggaran Rp 240 juta, pada 2020 ada juga partisipasi dari masyarakat dalam pembangun trmpat parit, turap, jembatan gapura dan musholla,’’ ujar Kades.

Tujuan pembangunan Taman Edukasi Benuang tersebut lanjut kades, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, karena wisata sangat mendukung dalam meningkatkan perekonomian kerakyatan.

‘’Harapan kami kedepan Taman Edukasi ini bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat atau anak-anak sekolah. Kedepannya akan disajikan pendidikan untuk bercocok tanam, sawah, ternak ikan dan olahraga berenang,’’ terang Kades.

Disamping itu harap Kades, para pedagang kuliner juga bisa bergabung di Objek Wisata Edukasi Benuang, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Tanjung Benuang dan Masyarakat sekitar desa tersebut. (Agung)

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *