Cegah Inflasi, Bupati dan Wabup Bungo Tanam Cabai

Bupati Bungo, Mashuri bersama Wabup Safrudin Dwi Aprianto, saat menanam cabai perdana di Dusun Suka Jaya, Kecamatan Muko-Muko Bhatin VII, pada Selasa, 16 Mei 2023. Foto : Istimewa

Ungkap.co.id Bupati Bungo, Mashuri bersama Wabup Safrudin Dwi Aprianto, mengikuti tanam cabai perdana di Dusun Suka Jaya, Kecamatan Muko-Muko Bhatin VII, pada Selasa, 16 Mei 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Kadis Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Muhammad Hasbi, Kadis Ketahanan Pangan Sofyan Ma’as, staf ahli Bupati, Asisten, Plt. Camat Septian Arifin, Datuk Rio Suka Jaya Muhammad Umar Gandi, Ketua BPD, dan kelompok tani Bungo Dani.

Bacaan Lainnya

Didalam tanam cabai tersebut, Bupati Bungo dan Kadis TPH & Bun menyerahkan Alsintan, penyerahan bibit sayur-sayuran, dan penyerahan pupuk NPK kepada kelompok tani.

Bupati Bungo Mashuri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dinas TPH&Bun yang telah mengadakan tanam cabai perdana di kelompok tani, Dusun Suka Jaya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Bungo pada umumnya, dan Dusun suka jaya pada khususnya. Di mana di bulan April kemarin tingkat inflasi kita mencapai 0,27%,” ujarnya.

Baca Juga : Karena Cemburu, Seorang Suami di Bungo Siram Badan Istrinya dengan Cuka Getah


Lanjut dia, selain menanam cabai perdana tersebut, dirinya juga menyerahkan traktor roda empat, kemudian kultivator dua unit dan juga bantuan pupuk.

“Kami tadi juga menyerahkan alat traktor roda empat, kultivator dua unit dan juga bantuk pupuk NPK kepada petani kita,” kata Mashuri.

Menurutnya, untuk sentral di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII khususnya di Dusun Suka Jaya ada 7 hektar. Tanam cabai ini secara total per tahun mencapai 60 hektar dan ini juga tidak mengandalkan dana APBD, tetapi menggunakan dana hibah.

“Tanpa menggunakan dana APBD kita, Dusun Suka Jaya telah membuktikan dan bisa hasil menanam cabai ini pertahun nya mencapai 60 hektar,” ujarnya.

Baca Juga : Buka Rakor MCP dengan KPK, Bupati: Pejabat di Bungo Sudah 100% Lapor LHKPN

Kadis TPH & Bun Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bungo yang telah meluangkan waktu untuk bisa hadir di tengah-tengah para kelompok tani Bungo Dani ini.


“Tentunya harapan kita dapat meningkatkan produktivitas petani sehingga dengan alat bantuan ini, biaya produksinya rendah itu akan meningkatkan pendapatan APBD Kabupaten Bungo,” harapnya.

Sementara itu, Datuk Rio Dusun Suka Jaya, Muhammad Umar Gandi menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuannya kepada kelompok tani yang ada di dusun di bawah pimpinannya.

Baca Juga : Bupati Bungo Minta Orang Tua Bina Anaknya untuk Amalkan Al-Qur’an

“Ini salah satu tujuan kami ingin menciptakan sektor pertanian untuk meningkatkan sumber ekonomi masyarakat,” katanya.

Dia berharap, kelompok tani Dusun Sukajaya ini semakin semangat untuk mengelola pertanian cabe, sayur dan sebagainya.

Dijelaskan dia, saat ini dusunnya baru mempunyai lahan seluas 4 hektar. Dia menargetkan di tahun 2023 ini untuk membuka lahan pertanian seluas 10 hektar. (Dik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *