Bupati Sarolangun Sukses Resmikan Kecamatan Mandiangin Timur

  • Whatsapp
Kecamatan Mandiangin Timur
Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra saat meresmikan kecamatan Mandiangin Timur. Foto : Andra

Ungkap.co.id – Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Rabu (17/2/2021) sukses meresmikan kecamatan Mandiangin Timur. Acara peresmian itu diselenggarakan bertempat di Desa Butang Baru.

Kedatangan Bupati Sarolangun disambut dengan pengalungan rangkaian bunga oleh sepasang Bujang dan Gadis asal desa Butang Baru. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan tarian Sekapur Sirih oleh anak-anak SMA N 11 Sarolangun sebagai ucapan selamat datang di kecamatan Mandiangin Timur.

Bacaan Lainnya

Acara peresmian diawali dengan menyajikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh ustadz Kamaludin.

Dalam penyampaian singkat sejarah terbentuknya Kecamatan Mandiangin Timur oleh ustadz Ali Imron menyebutkan, puji syukur kehadirat Allah SWT, di mana pada tanggal 17 hari ini menjadi pelaku sejarah terbentuknya dan terwujudnya impian yang sudah lama dari kecamatan Mandiangin Timur.

“Pada pagi hari ini kita sama-sama menyaksikan dan menjadi pelaku sejarah, mudah-mudahan pertemuan kita dalam ridho dan lindungan Allah SWT,” kata dia.

Lanjut dia, solawat serta salam senantiasa marilah dihaturkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Mudah-mudahan kita senantiasa akan terus diberikan kekuatan, kesempatan dan kemampuan untuk melaksanakan cita-cita Rosul hingga kelak di yaumil akhir akan selalu mendapatkan limpahan syafaatNya.

Diungkapkan dia bahwa perjalanan kecamatan Mandiangin Timur ini bermula dari mulai tahun 2006 bersamaan satu tahun dengan Pemekaran kecamatan Pelawan.

“Namun pada saat itu dikepemimpinan beliau juga kita terkena moratorium dari pusat sehingga kita terlambat satu tahun persyaratan dan segala unsur-unsur yang kita ajukan ke Kemendagri, akhirnya kecamatan Mandiangin Timur belum bisa tercapai,” ungkapnya.

Dari itu semua, kata dia, tidak membuat pantang surut dan menyerah hingga mulai kembali perjuangan panjang untuk pemekaran ini.

Hal ini tentunya sesuai dengan bimbingan dan arahan bapak Bupati dan Wakil Bupati dan segenap unsur pimpinan dewan dan anggota bahwa perjuangan ini dilanjutkan pada 17 Januari 2017, dari sepuluh desa yang meliputi dari kepala desa, kepala lembaga adat, BPD dan unsur pemuda dan wanita diadakan pertemuan di Desa Guruh Baru untuk pembentukan panitia pemekaran kecamatan Mandiangin Timur.

Baca Juga : Sedang Main Judi Domino, 3 Warga Ditangkap Polisi

Menurut dia, terlepas dari itu pada 12 Maret 2017 diadakan pertemuan kembali 10 desa di Mandiangin Timur. Hal ini untuk menentukan dari 10 desa akan ditunjuk dua desa menjadi calon ibukota kecamatan. Di sanalah diputuskan antara Meranti Baru dan Butang Baru.

“Selain itu serta berkenaan nama, nama pun ada dua, yaitu Bukit Makoto dan Mandiangin Timur. Sesuai degan arahan beliau selaku pemegang kebijakan kabupaten Sarolangun, beliau memohon kepada kita agar masyarakat Mandiangin Dalam untuk nama Mandiangin itu jangan ditinggalkan. Sesuai dengan letak geografis letak kita di Mandingin ini berada di wilayah timur sehingga dinamakanlah Mandiangin Timur,” ujarnya.

Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra dalam sambutan yang sekaligus meresmikan kecamatan Mandiangin Timur mengatakan bahwa penantian oleh masyarakat Mandiangin Timur yang selama ini mengidam-idamkan hadirnya kecamatan tersendiri di wilayah Mandiangin Dalam akhirnya terwujud.

“Alhamdulillah dengan perjuangan yang panjang, hari ini resmilah sepuluh desa di kecamatan Mandiangin menjadi kecamatan Mandiangin Timur,” kata Bupati.

“Pertama saya ucapkan terima kasih yaitu kepada seluruh tokoh masyarakat dan tokoh adat Mandiangin yang telah dengan ikhlas berbagi wilayahnya untuk membuat kecamatan baru,” tambahnya.

Baca Juga : Tiga Mahasiwi Cantik Berhijab Berhasil Ditemukan di Gunung Masurai Merangin

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para kawan-kawan dan para sahabat dari 10 desa Mandiangin Timur yang sekarang diresmikan, di mana perjuangan ini bukanlah sebentar.

“Terima kasih buat semua masyarakat dan keluarga Bmbesar Mandiangin, yang telah bersungguh-sungguh untuk hadirnya kecil Mandiangin Timur ini, dan seluruh anggota, ketua, wakil ketua dan anggota DPRD yang telah mendorong untuk terbua nya Perda mulai dari terbentuknya usulan ini ke Kemendagri sampai hari ini terbitnya register kantor Camat Mandiangin Timu. Ini adalah suatu pekerjaan yang luarbiasa,” ucapnya.

Peresmian Kecamatan Mandiangin Timur
Bupati Sarolangun meletakkan batu pertama pembangunan kecamatan Mandiangin Timur. Foto : Andra

Acara dilanjutkan dengan penyerahan SK Plt Camat Mandiangin Timur oleh Bupati Sarolangun kepada M Hasan, S. IP.

Selanjutnya dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan kantor Camat Mandiangin Timur oleh Bupati Sarolangun dan Ketua DPRD H Tantowi Jauhari, SE, serta Dandim Sarko.

Hadir dalam acara Peresmian kecamatan Mandiangin Timur tersebut, yakni Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Sekda Ir Endang Abdul Nazier, Asisten l Arief Ampera, Asisten ll Ir Dedy Hendry, wakil ketua Aang Purnama, serta para anggota DPRD dapil ll, Zabidi, Agung, Siti Aisah, Helda Wati Nadeak, M Sarwan, Kadis Kominfo Kurniawan, Kabag Umum Tarmizi, Kaban BPBD Triant, Kadis Sosial H Judin, Ladis Pendidikan Helmi, Camat Mandiangin Pajardin, Camat Pauh Jupri, Camat Bhatin Vlll Ahyar Mubarok, Camat Singkut R A Fatimah, dan Camat Sarolangun Huzairin Saman.

Selain itu Hlhadir juga Dandim Sarko Letkol Inf Tomy Radya Diansyah Lubis, S.A.P, M.Han, Kapolsek Mandiangin AKP Martono dan para kepala desa se-kecamatan Mandiangin Timur, serta para tamu undangan lainnya. (Andra)

Pos terkait

   
   
      

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *