Berdasarkan Fakta Persidangan, Hakim PN Tebo Putuskan Iday Tidak Bersalah

Wakil ketua DPRD Tebo divonis bebas
Sidang putusan hakim Pengadilan Negeri Tebo dengan terdakwa Syamsu Rizal. Foto : Dik

Ungkap.co.id – Syamsu Rizal (Iday) yang notabene Wakil Ketua II DPRD Tebo, akhirnya divonis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tebo, bebas dan tidak bersalah dalam sidang dugaan perusakan hutan.


“Berdasarkan fakta-fakta persidangan bahwa menyatakan terdakwa Syamsu Rizal tidak terbukti bersalah melakukan perusak hutan,” kata ketua majelis hakim, Pengadilan Negeri Tebo, Armansyah Siregar, SH., MH dan didampingi dua hakim anggota yang dihadiri oleh JPU Kejari Tebo di ruang Cakra Pengadilan Tebo, pada Jumat, 28 Mei 2021.

Bacaan Lainnya

Hakim menilai terdakwa Syamsu Rizal, perbuatannya tidak terbukti memenuhi unsur pelanggaran sesuai dengan pasal 82 ayat 12 hurf B, Junto Pasal 12 huruf B Undang-Undang nomor 18 tahun 2013 tentang Perusakan Hutan.

Baca Juga : Dituntut JPU Kejari Tebo 3,4 Tahun Penjara, Ini Isi Pledoi Syamsu Rizal

Untuk itu, Hakim meminta mengembalikan hak-hak dan memulihkan nama baik terdakwa.

Usai Hakim memutuskan terdakwa tidak bersalah. Terdakwa (Iday) mengucapkan Allahu Akbar, suasana persidangan hingga akhir berjalan dengan baik.


“Hari ini membuktikan bawa saya selama ini telah dizolimi. Kebenaran tidak akan terbantahkan, saya ucapkan terima kasih semua pihak, media yang telah mengikuti dari awal hingga persidangan yang ke 11 kalinya. Akhirnya Hakim memutuskan saya tidak bersalah. Keputusan Hakim itu adalah murni fakta-fakta selama persidangan,” ucapnya.

Baca Juga : Syamsul Rizal: Saya Masuk Hutan Saja Tak Pernah tapi Disangkakan Merusak Hutan

Sementara itu, menanggapi keputusan Hakim, Imran Yusuf Kepala Kejari Tebo mengatakan akan melakukan upaya hukum selanjutnya. (Dik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *