6 Cara atau Strategi Mempertahankan Produk di Pasar

Ilustrasi strategi mempertahankan produk. Foto : Pexels

Ungkap.co.id Produk unggulan dari suatu perusahaan adalah nyawa bagi perusahaan itu sendiri. Ya, karena dengan produk unggulan, penjualan perusahaan menjadi meningkat sehingga berimbas pada pendapatan. Perusahaan pun berlomba-lomba untuk mempertahankan kualitas produk mereka agar konsumen tidak berpaling hati ke produk sejenis di perusahaan lain.

Untuk mempertahankan produk di pasar tersebut, strategi perusahaan pun bermacam-macam, ada melakukan inovasi hingga kualitas. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Inovasi Produk

Terus mengembangkan dan memperbaharui produk agar tetap sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Ini bisa dilakukan dengan mengambil umpan balik dari pelanggan, memonitor tren pasar, dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Baca Juga : 7 Tips atau Cara Menjadi Reseller yang Sukses

2. Fokus pada Kualitas

Menjaga kualitas produk agar tetap terjaga dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Ini bisa dilakukan dengan memperketat proses produksi, meningkatkan kualitas bahan baku, dan memastikan produk tetap aman dan ramah lingkungan.

3. Penetrasi Pasar

Memperluas jangkauan pasar dengan cara menawarkan produk di daerah-daerah baru atau menggandeng distributor yang lebih luas. Ini juga bisa dilakukan dengan mengadakan promosi dan iklan agar produk lebih dikenal oleh masyarakat.

4. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan memberikan layanan yang lebih baik, seperti pelayanan pelanggan yang ramah, memberikan solusi yang tepat saat terjadi masalah dengan produk, dan memberikan bonus atau reward untuk pelanggan yang setia.

5. Mengikuti Tren Pasar

Baca Juga : 7 Bisnis dengan Keuntungan Besar di Bulan Ramadhan

Mengikuti perkembangan tren dan kebutuhan pasar yang berubah-ubah. Ini bisa dilakukan dengan mengamati pesaing dan menyesuaikan produk dan layanan dengan tren pasar yang sedang berkembang.

6. Memiliki Harga yang Kompetitif

Menjaga harga produk agar tetap bersaing dengan pesaing lainnya. Ini bisa dilakukan dengan memperhatikan biaya produksi dan juga harga produk sejenis dari pesaing.

Dengan melakukan beberapa strategi di atas, diharapkan produk dapat bertahan di pasar dan tetap diminati oleh konsumen. (Apkcreative)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *